Sabtu, 30 November 2013

0

MANFAAT MUSIK KLASIK DALAM BIDANG PENDIDIKAN

Posted in

Berikut Beberapa Manfaat Dari Musik Klasik




Musik di usia dini sangat penting, sejak bayi musik sangat berpengaruh dalam perkembangan otak si kecil. Stimulasi musik klasik sebaiknya dilakukan setiap hari minimal setengah jam. Selain itu, berdasarkan perkembangan embriologi, otak terdiri dari 2 belahan yaitu otak kanan dan otak kiri.
Belahan otak kiri merupakan tempat untuk melakukan fungsi akademik yang terdiri dari berbicara/kemampuan tata bahasa, daya ingat, logika, baca tulis hitung. Karena bersifat logis, maka otak kiri berhubungan erat dengan pembentukan kecerdasan anak pada pendidikan formal.
Belahan otak kanan merupakan tempat untuk melakukan fungsi yang berkaitan dengan perkembangan artistik dan kreatif, irama musik, imajinasi, warna, perasaan, sosialisasi dan pengembangan kepribadian.
Maka dari itu perdengarkanlah musik klasik sejak dini untuk orang tua yang ingin buah hatinya menjadi lebih cerdas peka terhadap lingkungan luar.
Musik klasik terbukti efektif, secara ilmiah musik klasiklah yang sudah diteliti dan terbukti dapat meningkatkan kecerdasan anak, sedangkan untuk jenis musik lainnya belum pernah. Namun, tak perlu khawatir kalau semasa hamil, ibu belum sempat memanfaatkan terapi musik klasik, terapi musik tetap bisa dilakukan mulai sampai anak berusia 3 tahun, untuk anak-anak yang sudah lebih besar, ada baiknya untuk mulai diperkenalkan dengan alat musik sehingga mereka bisa bermain musik untuk dirinya sendiri.
MOZART terbukti paling efektif, karya musik klasik milik Wolfgang Amadeus Mozart yang paling dianjurkan contohnya Mozart Sonata in D Major K 488 yang diyakini mempunyai efek stimulasi paling baik bagi bayi. Lebih sering disebut efek mozart sebab musik mozartlah yang pertama kali diteliti.
Untuk ibu dan calon ibu, Sepertinya sudah saatnya kita menerapkan musik klasik untuk mencerdaskan anak bangsa.

0 komentar: